Kamis, 22 Oktober 2009

Tugas Knowledge Management Pertemuan 3 dan 4

Bagaimana sebuah knowledge dapat meningkatkan “goodwill” perusahaan?
  • Sebuah organisasi akan dapat mengikuti perkembangan bisnis dan teknologi dengan memanfaatkan knowledge sebagai modal untuk melakukan research untuk kreasi dan inovasi product atau layanan dalam menginkatkan keuntungan organisasi tersebut, sehingga organisasi itu tetap exist dan mempuyai goodwill
  • Dengan adanya knowledge sebuah organisasi akan dapat mengembangkan keterampilannya dalam bidang relasi dan sosialisasi baik intern perusahaan atau extern perusahaan
  • Dengan adanya knowledge sebuah perusahaan akan mampu menjaga hubungan baiknya dengan perusahaan lain maupun dengan customernya
  • Pengembangan knowledge yang dilakukan secara dinamis akan memberikan sebuah kesempatan untuk perusahaan dapat berkompetisi dengan pesaingnya

Apa yang dimaksud dengan intellectual asset?
  • intellectual Asset merupakan sesuatu memiliki nilai atau manfaat di masa sekarang maupun masa akan datang berupa non-material
  • contohnya knowledge

Jelaskan mengapa knowledge semakin dibutuhkan?
  • Semakin berkembangnya teknologi maka persaingan yang semakin ketat, sehingga dibutuhkan knowledge sehingga tidak tertinggal dari pesaing yang lain;
  • Knowledge dapat menciptakan peluang-peluang baru dalam berkompetisi.
  • Knowledge dapat meningkatkan goodwill sebuah organisasi.
  • Knowledge terorganisir dengan baik adalah asset yang sangat berharga karena dapat memberikan keutungan besar.

Jelaskan yang dimaksud dengan organizational learning!
berikut ini merupakan pengertian dari Organizational Learning berdasarkan:
  • Menurut Peter Senge:Organizational learning merupakan bagaimana sebuah organisasi belajar untuk mengembangkan potensi kapabilitas individu dalam organisasi dengan menerapkan 5 disiplin ilmu yaitu:
    • Berpikir sistematis
    • Penguasaan pribadi
    • Pola mental
    • Belajar dalam tim
    • Visi bersama

  • Menurut Beardwell dan Holden : Organizational learning adalah organisasi yang memfasilitasikan pembelajaran bagi seluruh anggotanya dan mentransformasikan secara sadar dalam konteks organisasi.

Keuntungan yang diperoleh pada peningkatan pelayanan dengan adanya tambahan knowledge.

  • dapat menciptakan atau membina hubungan antara antar perusahaan dengan customer akan semakin membaik.
  • Menaikkan goodwill perusahaan.
  • Dengan pelayanan dan produk yang baik akan membuat pelanggan merasa puas, sehingga akan menarik perhatian customer ataupun investor.

2 komentar:

  1. hahahahaha...
    sist bahagia skrg bro isi blog nya dgn ilmu pengetahuan :P [prettttttttttt]

    BalasHapus
  2. hahahah...
    tugas kuliah itu sister....
    yach hitung2 tambah pengetahuan juga bagi semua orang yang membacanya...
    sama sister juga bermanfaat nya kan setelah membaca blog ini?
    heheheheh

    BalasHapus