Rabu, 13 Januari 2010

Knowledge Management-Pertemuan 7 & 8

1.Apa yang dimaksud dengan knowledge?
Jawab:
Knowledge merupakan pengetahuan secara luasa termasuk kemampuan atau keahlian,pengalaman yang digunakan oleh seseorang untuk menyelesaikan sebuah masalah, dengan mengikut sertakan antara teori dan praktek, aturan sehari-hari dan instruksi untuk melakukan sesuatu yang berdasarkan data dan informasi.

2.Sebutkan hambatan/barrier pada transfer knowledge?
Jawab:
Beberaoa hambatan yang menjadi kendala dalam transfer knowledge adalah:
a. Kehilangan kepercayaan.
b. Adanya perbedaan kebudayaan dan bahasa.
c. Kurangnya waktu dan tempat untuk rapat.
d. Status dan penghargaan untuk memiliki sebuah pengetahuan.
e. Kurangnya penyerapan dari orang yang menerima transfer knowledge.
f. Percaya bahwa knowledge adalah hak istimewa dari sebuah kelompok yang khusus,
sindrom "not-invented-here".
g. Tidak adanya toleransi untuk kesalahan atau kebutuhan akan pertolongan.

3.Apa fungsi dari tool Netmeeting?
Jawab:
Sebuah tools CKM yang dapat digunakan untuk diskusi online.

4.Apa yang dimaksud dengan corporate memory?
Jawab:
Corporate memory adalah sesuatu yang dapat mengegaskan atau gambaran utuh dari knowledge dan informasi dalam sebuah perusahaan yang biasanya digunakan untuk mencapai sasaran strategis dan tujuan dari suatu perusahaan.

5.Apa yang anda ketahui mengenai competitive advantage?
Jawab:
Competitive advantage dapat diartikan sebagai suatu kemampuan daya bersaing sebuah perusahaan untuk selalu menjadi yang terdepan, dengan memanfaatkan knowledge management sebagai tumpuan untuk melahirkan kreasi-kreasi dan inovasi terbaru untuk bersaing dengan competitors. Dengan competitive advantage maka produktivitas sebuah perusahaan akan semakin membaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar